Motion, animasi atau pergerakan dalam web terus berubah seiring teknologi bekembang, kali ini ingin ngebahas sedikit perkembangan animasi dalam web dan bagaimana user/manusia berinteraksi dengan gaya bahasa tubuh yang baru, yang sering disebut gesture ( bahasa tubuh ).

Dalam perkembangannya katakan WEB 1.0 ketika era gif dan applet java berkembang menjadi satu satunya cara mengimplementasikan motion/animasi lalu di ikuti era Flash, Flash adalah tech yang  di gunakan oleh kebanyakan designer untuk memberikan pengalaman interaktif. Lalu era aplikasi mobile, motion/animasi. Berikutnya hadirnya spesifikasi W3C, html & CSS menjadi lebih dynamic dan membuat website lebih hidup. Lalu lahir nya LEAP MOTION, menggunakan pergerakan fisik tubuh dengan indikator fingers tracking pertama kali di kembangan untuk XBOX kinect.

leap-motion

leap motion

mari keita lihat evolusi perkembangan Motion Interaction.

motion-evolution

 

Melihat perkembangan nya mengubah interaksi terhadap product digital ke era advance human, tantangan baru bagi UX designer untuk menemukan celah komunikasi lewat teknologi, dan juga untuk menyiapkan generasi penerus akan kesadaran penggunaan medium baru.

POLA ANIMASI

Menurut Johannes Tonollo Interaksi Designer dari Google, motion/pergerakan di bagi oleh beberapa katagori berikut contoh berdasarkan karateristiknya:karateristik-motion

Berikut ini adalah detail setiap karakteristik pergerakannya.

pola1

pola2

pola3

orinetasi1

orinetasi2

orinetasi3

feedforward1

feedforward2

feedforward3

Availability1feedback1

feedback3

highlight1

highlight2highlight3awaking2

awaking3

Demikian beberapa ulasan pola animasi dalam pattern web dan mobile yang dapat di gunakan sebagai pattern design, next topik gw akan memberikan referensi website pattern design.

Comments

comments